Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

masakan lezat entung jati dari Blora di awal musim hujan

makanan dengan cita rasa yang cocok dengan lidah bisa dikatakan sebagai makanan lezat. karena pada dasarnya makana enak tidak enak tergantung selera dari masing masing lidah itu sendiri. Bagi saya makan yang lezat itu yang bisa memberikan rasa manis, pedas yang cukup. Jika ada rasa yang terlalu menonjol maka rasa lain tidak akan muncul dan hilang begitu saja. Bayangkan saja jika masakan itu terlalu pedas maka kita hanya akan fokus pada rasa panas di bibir kita, hingga terkadang rasa asin atau manis tidak terasa sama sekali. Maka menurut saya makanan lezat itu makanan yang tidak berlebihan.

Entung dalam bahasa Indonesia di kenal dengan kepompong. Kepompong merupakan metamorfosis ketiga dari kehidupan kupu kupu. Pada tahap ini dia melakukan istirahat karena dia terbungkus oleh cangkang yang keras. Hal ini akan dia alami selama 1-2 minggu. Dia melakukan puasa sebelum akhirnya menetas kembali menjadi kupu kupu yang cantik. Selama menjadi kepompong dia bisa mengalami beberapa kali perubahan warna guna mempertahankan diri dari pemangsa.

Pohon jati adalah salah satu jenis pepohonan di hutan yang memiliki kualitas kayu yang bagus. Selain kuat, jenis kayu ini juga tergolong awet. Kayu dari jenis pohon jati ini banyak dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti kebutuhan papan, kayu jati biasa di gunakan sebahai rangka rumah juga di gunakan untuk perlengkapan rumah seperti dipan, meja kursi hingga hiasan di rumah. Pohon jati ini banyak tumbuh di pulau jawa, dan sampai saat ini di jawa hutannya masih di dominasi oleh pohon jati.

Sama dengan pepohonan yang lain, pohon jati juga memiliki hama yang menyerangnya. Saat mulai musim penghujan datang maka dedaunan yang gugur di musim panas sebelumnya akan berganti menjadi daun daun baru yang segar tentunya. Daun daun ini menjadi makanan yang lezat bagi kupu kupu kuning untuk bertelur. Sehingga ketika telur telur itu menetas akan menjadi ulat yang memakan daun daun jati muda. Kemudian ulat ulat ini menjadi pupa atau kepompong. Hal ini hanya terjadi di awal musim hujan saja.

Salah satu kabupaten di jawa tengah yang terletak di sisi timur adalah Blora. Kabupaten Blora memiliki banyak hutan jati. Hutan jati di kabupaten Blora ini cukup luas. Terbukti bahwa kota Blora ini di kelilingi hutan Jati.

Saat ini awal musim hujan. Daun daun jati mulai bersemi setelah kemarin di musim kemarau daun daun meranggas untuk mengurangi penguapan. Dan saat itu pula banyak sekali kupu kupu yang hinggap di pohon jati meninggalkan telur mereka. Telur inilah yang nantinya akan menjadi ulat pemakan daun jati yang akhirnya menjadi kepompong/ pupa atau istilah orang jawa menyebutnya enthung. Enthung jati ini bersifat musiman, namun banyak di buru oleh warga sekitar. Enthung ini akan dimasak dan di konsumsi. Selain karena rasanya yang gurih, enthung juga mengandung protein tinggi. Enthung biasa di masak oseng atau tumis hanya dengan cabai, bawang merah dan bawang putih saja.